Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi kali ini sungguh luar biasa. Karena menghadirkan Narasumber Istimewa serta mengangkat materi yang sangat booming yaitu Augmanted Reality. Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Menghadirkan obyek sebagai realitas tertambah yang terdapat dalam aplikasi AR tentunya akan mempermudah bagi para pengguna untuk memahami sebuah konsep dari materi yang dikembangkan. Pemanfaatan konten pembelajaran AR bisa menggunakan gawai pintar (smartphone) maupun Tablet yang nantinya digunakan untuk melihat dan mengamati obyek dari marker yang telah disediakan.
Dengan tujuan membumikan media Augmanted Reality (AR), maka kami Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah Mansyur Arta Qomarudin dan Anita Sukarini berkolaborasi. Ada pun tajuk webinar yang kami selenggarakan yaitu KERIS MEMBARA (. Pada kegiatan ini kami juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi bersama Duta Rumah Belajar 2019. Bapak Jarnawi Duta Rumah Belajar Terbaik 2019 dari Provinsi Bengkulu, beliau lebih dikenal dengan sebutan Mr. J. Selain itu kami juga berkesempatan bertatap virtual bersama Bu Asih Prihatin Duta Rumah Belajar Terinovatif 2019 dari Provinsi Jawa Tengah.
Kegiatan webinar dibuka oleh Anita Sukarini selaku moderator kegiatan webinar Keris Membara, kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat. Dimulai pada pukul 13.15 WIB dengan melakukan doa terlebih dahulu. Kegiatan dilanjutkan pemaparan dari Mr J selaku ACE (Asemblr Certified Educator) WIzard Level 9, sehingga beliau paham betul mengenai AR. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa, Guru harus terus bergerak menyambut perbahan zaman. Karena perubahan tersebut akan memberikan dampak kebaikan bagi peserta didik dalam pembelajaran. Kemudian dilanjutkan penyampaian pegantar motivasi dan berbagi pegalaman dari Bu Asih Prihatin. Beliau menegaskan dalam kegiatan pembelajaran, terlebih di masa pandemi Guru dituntut berinovasi dalam kegiatan pembelajaran agar mampu memberikan pelayanan dan kebutuhanb belajar peserta didik. Sehingga tidak terjadi learning lost, yang mejadi topik hangat akhir-akhir ini di dunia pendidikan.
Selanjutnya saya berksempatan menyampaikan materi Pemanfaatan Fitur Pendukung Rumah Belajar, terkhusus fitur Augmanted Reality. Saya menyampaikan cara mengakses fitur laugmanted reality pada portal rumah belajar, serta cara mengunduh aplikasi dan implementasi dalam pembelajarah. Augmanted reality pada portal rumah belajar merupakan AR berbasi Marker, sehingga perlu adanya Marker dan Aplikasi untuk dapat menggunakan fitur ini. Aplikasi dapat diunduh menggunakan gawai android, sedangkan marker dapat dicetak pada kertas. Pada sesi selanjutnya rekan saya Anita Sukarini, menyampaikan materi pembuatan AR mengunakan Assemblr secara daring. Artinya aplikasi Assemblr tidak perlu diunduh untuk dapat memanfaatkannya, cukup dengan akses secara daring. Baliau mempraktikka secara langsung pembuatan AR secara runtut serta mengenalkan berbagai menu pada Assemblr.
Kegiatan webinar berakhir pada pukul 15.25, dengan closing statement dari Bu Asih Prihatin. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 35 peserta dari berbagai wilayah Nusantara. Mereka cukup antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Kegiatan ditutup dengan ucapan hamdalah yang dipimpin oleh moderator.
Ayo Berkreasi dengan Asemblr untuk membuat media AR!
Mari Eksplorasi Fitur AR pada Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran Berkesan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar